Sunday, July 31, 2011

Ramadhan Si Cilik

Oke kita mulai cerita gue di awal Ramadhan ini. Siang ini gue sms tmn komplek gue, Atri ( doi tmn tk, sd, smp gue jg ). Niatnya sih kita mau tarawih brg. gue sms "Atri sayang, nanti jadi tarawih brg ga? bareeeng yaaa." Sambil nunggu balasan sms atri gue mikir sebentar.. * hmm, tmn2 sebaya gue kok udh pada gak ada ya? pada kuliah di luar kota, pindah rumah, dll. Tarawih ini sepi gak ya? *
Trs gue cek handphone lagi "Anyet sorry ya aku lg gak d rmh"
Oh baiklah ajeng, kamu harus tetap sholat tarawih di masjid! Gue ajak adik gue si wulan, tapi dia tiba-tiba pergi ke rumah pacarnya yang baru aja nlp dan ngabarin sambil nangis tersedu-sedu kalau dia jatuh dari motor di perjalanan mau ke rumah gue. *ya walaupun di ledekin sm dimas, waktu dimas keseret motor dia ga nangis, kamu mah emg jagoan dek!*

Hmm melihat kondisi mama yang gak bisa bangun, gak mungkin ya gue ngajak nyokap tarawih di masjid. Dimas pun harus jagain nyokap di rumah. Oke gue berangkat tarawih sendirian.

Pukul 18.40. "Mbak ajeng, lo ga jalan? gak kebagian tempat lo" "ntar aja dek, jalan pas adzan isya aja"
gue cek twitter sebentar. Wah, timeline penuh sama keluh kesah anak muda yang MaTar (malas tarawih). Ckckck gue heran sama anak muda jaman sekarang (lu anak muda jaman kapan emg nyeeettt? -.-"), males ibadah tapi kok bangga dan di anggep gahooool ya.
oh mungkin itu emg jadi trend skrg ya. :|

AKhirnya gue berangkat ke masjid jam 18.50 dengan harapan gue dapet tempat di dalam masjid dan nyaman. Dengan penampilan ala anak pesantren --___--" , lagsung pake mukena, bawa sajadah, sama tas kecil. Gue keluyuran nyari tempat. Ternyata, gue gak dapet tempat. Dengan tampang plonga plongo, gue nyari kerumunan orang yang siapa tau gue kenal dan blg "ajeng sini aja!" tapi yang ada cuma ibu-ibu dan puluhan anak bocah ( padahal gue tau, nanti di rakaat ke 4 ini bocah-bocah udah pada ngayap keluar, kalau gak jajan, main petasan, main karet, dan main sarung-sarungan )

Sialnya gue ga bawa koran juga, jadi aja dapet diluar, di aspal deket banget sama sendal-sendal. Yah, gak apa-apalah, gue ada di barisan paling depan jamaah yang dapet di aspal kok, lumayan lah shaf terdepan di rombongan aspal. *apanya nyet? shaf di aspal kok terdepan*
Sambil nunggu tarawih dimulai, gue perhatiin sekeliling Masjid Uswatun Hasanah ini. Dan sadar...

Ya ampun, setelah gue kuliah di bandung, gue emang jarang ke masjid ini lagi. Beberapa kali gue tarawih di Masjid ini, tapi ke belakang-belakangnya gue tarawih di rumah. Masjid yang dulunya tempat gue TPA dan main sama temen2 gue ini makin bagus, rapih dan bersih. Beberapa kali gue ngeliatin bocah-bocah yang lagi pada main. Bahkan yang lagi lari-lari diatas sajadah orang. Ada beberapa ibu-ibu yang marah ngelihat mereka lari-lari. Hehe kaya gue dulu waktu masih seumuran mereka. Gue sih cuma bisa senyum ke mereka. Dan tiba-tiba gue flashback ke masa-masa itu.

little wulan and ajeng


Gue sedih. Iya gue sedih, rasanya hampir mau nangis. Ya Allah gue udah sebesar ini, rasanya dulu gue adalah bocah-bocah yang gue lihat sekarang. Gue baru sadar, gue solat tarawih sendirian. Dulu, gue main samper-samperan sama tmn2 sebaya gue. Cari tempat bareng, main bareng, jajan bareng, ketawa-ketawa. Ya cukup lama gue ngelewatin Ramadhan ala anak-anak dulu. Sampai gue duduk dibangku SMP tingkat akhir.
Gue ketawa-ketawa sendiri inget kejadian-kejadian lucu bulan Ramadhan jaman gue masih ngempeng itu -.-

Dulu kalau puasa pasti setiap mau bedug, gue dan adik-adik gue cari stasiun TV yang iklannya udah kita apal. Iklan sebelum adzan emang udah diluar kepala waktu dulu. Terus gayanya mah udah serius mau tarawih, bawa mukena, tas, uang amal, kerudung.
Sampai di masjid, PLAK! Solat dua rakaat atau empat rakaat, abis itu kabur ke warung atau main karet. Hahahaha

Giliran ceramah, bukannya nyatet ceramah, malah ke lapangan masjid. Jajan dan ikut-ikutan main ninja-ninjaan yang pake sarung itu. Percaya gak lo semua, waktu gue sd gue sering ngarang ceramah di buku aktivitas Ramadhan, herannya guru agama gue percaya aja itu ceramah di masjid, padahal itu hasil karangan "Ustadzah Ajeng cilik" haha. Tanda tangan penceramah pun gue karang-karang. *pasti lo juga banyak yang kaya gini kan? Ngaku! hehe*
Pengalaman lucu waktu tarawih di masa kecil..
1. Nginjek petasan. Iya waktu gue lagi main di lapangan, gue jalan-jalan dan tiba-tiba kaki gue nginjek petasan. Alhasil gue nangis. Haha padahal gak luka cuma kaget aja, ceritanya mendramatisir *padahal mah emang cengeng aja gue*. Biasa kerjaan anak cowo-cowo kan itu. Abis liat gue nangis pasti cuma bisa salah-salahan.
2. Ke sepet sarung ninja dan hampir gak bisa ngebuka kostum ninja yang dari sarung itu. Lagi-lagi ini di lapangan, gara-gara tergiur ikutan main ninja. Somplak emang kelakuan si bocah gila ini.
3. Sendal ilang. Yah yang ini emang biasa aja. Ini udah terjadi berkali-kali. Yang paling shock gue kehilangan sendal baru buat lebaran, warna biru ada mickey mouse di depannya. Sendal-sendal yang lain ilang gue gak apa-apa dan gak nangis, waktu sendal baru ini ilang, gue nangis sambil nyeker ke rumah kaya anak ilang *haha gue gak bisa bayangin muka hina gue waktu itu, haha nista bgt nih bocah*
4. Di kasih surat cinta di masjid. Dulu waktu tarawih ada gerombolan anak-anak cowo yang paling sebaya atau lebih tua setahun dua tahun di atas gue. Sampe nungguin didepan jalan masuk ke rumah gue. Itu serem bgt loh, mereka main tangan nyolek-nyolek *sumpah ini bocah-bocah diajarin siapa ya masih kecil udah kurang ajar sm perempuan*. Waktu itu ada yang nyamperin gue dan ngasih surat dengan tulisan indah ala anak laki-laki *which means hampir ga bisa kebaca -_-"*, dia bilang suka sama gue. Karena gue takut diapa-apain sama preman-preman cilik itu, gue nangis. Haha tapi yang kejamnya, gue langsung ngerobek dan ngebuang surat itu didepan mata itu bocah ke tong sampah. Tega ya? Habis takuut :(

Semua kisah Ramadhan gue saat masih kecil itu sangat memorable bgt. :)
walaupun bodoh, tolol, dungu dan menyedihkan *krn gue srg mewek* itu semua gak akan pernah gue lupain. Honestly, I miss those foolish moment! gue rindu masa kecil gue dimana saat semuanya masih terasa indah dan mudah dipahami secara polos.

Tapi seperti kata penceramah tarawih tadi, Barang siapa yang menyambut Ramadhan dengan sukacita, maka Allah mengharamkan orang tersebut masuk neraka. Ada 3 golongan yang bahagia saat Ramadhan datang.
1. anak-anak yang menyambut ramadhan dengan suka cita.
Karena ingin main dan buka puasa dengan makanan enak-enak
2. pedagang-pedagang yang menjual ta'jil, kelapa, timun suri. Mereka kadang terlalu senang bekerja karena dagangannya laris tapi sampai lupa solat.
3. Orang-orang yang menyambut bulan puasa sambil berpikir apa yang dapat dilakukan (hal bermanfaat) agar semua menjadi ibadah dibulan puasa dan mengumpulkan pahala-pahala di bulan puasa dengan suka cita. (point ini yang paling tepat mendapat janji Allah untuk dijauhkan dari api neraka)

Dulu gue ada di posisi nomor satu, sekarang harus bukan diposisi tersebut lagi. Sekarang gue berusaha untuk mendapatkan posisi no 3.amin. bagaimana dengan kalian? :)
anyway, selamat menunaikan ibadah puasa geng! mohon maaf lahir dan batin ya.
Love

No comments:

Post a Comment